JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part 4) - Maeinfeld

Day 8(Thursday, 27 September 2018)
Zurich merupakan kota perhentian kami yang terakhir, kami menginap 3 malam di Zurich. Zurich adalah salah satu kota termahal di dunia dan merupakan kota perdagangan terpenting bagi Swiss selain Jenewa. Tapi hari ini kami belum merencanakan untuk menjelajahi kota Zurich karena ada 1 daerah yang sangat ingin saya kunjungi yaitu kota kecil Maeinfeld yang juga dikenal sebagai kampung kelahiran Heidi, tokoh novel anak yang sangat terkenal karya Johanna Spyr yang berkisah tentang seorang anak yang dititipkan tantenya kepada kakeknya yang tinggal di kaki pegunungan Alpen
Hotel tempat kami menginap tidak ada breakfastnya, sehingga kami menuju stasiun kereta dan sarapan  di sebuah cafe yang bernama "OSCAR CAFE" yang ada di dalam Lobi Zurich Hbf.
Walaupum yang mengantri lumayan banyak orang tetapi tetap banyak tempat yang kosong karena kebanyakan orang hanya membeli dan take away,
Menunya tidak banyak hanya berupa sanwich, brownish, yogurt dan croissant
Harganya standar, segelas kopi 5.20 CHF untuk small size dan 6.20 CHF untuk large size. Saya memesan black coffe gelas kecil  dan crossaint 3.20 CHF. Croissant di Eropa selalu terasa enak, dengan kulit luarnya sangat krispi dan dalamnya yang lembut.
Pesanan teman-teman lainnya
Perjalanan dari Zurich Hbf ke Maeinfeld berkisar 1 jam 30 menit
Pemandangan sepanjang jalan menuju Maeinfeld

Turun di stasiun Sargan dan mengganti kereta
 Desain kursi keretanya sangat cerah dengan kombinasi yang berwarna warni

Maeinfeld adalah sebuah desa kecil, bisa terlihat dari stasiun keretanya yang juga sangat kecil, hanya berupa sebuah pondok kayu yang sangat sederhana tapi tetap terasa sangat unik.
Begitu turun dari kereta di bagian depan stasiun sudah terlihat tanda petunjuk menuju rumah Heidi.
Wisata Heididorf ini bukan merupakan  wisata yang sangat populer di kalangan turis, biasanya turis yang suka ke sini rata-rata berasal dari Jepang dan Taiwan karena  Jepang memproduksi kartun Heidi sehingga rata-rata orang Jepang mengenal siapa Heidi. Bahkan saat kami ke sana kotanya sangat sepi hampir tidak terlihat wisatawan.

Kalau weekend akan tersedia shuttle bus yang akan mengantar para turis menuju Heididorf (rumah Heidi), tetapi bagi saya lebih asik kalau berjalan kaki saja dengan santai sambil menikmati keindahan dan keasrian Maeinfeld ini ketimbang naik shuttlebus, karena pasti akan membuat kita terlewat banyak hal yang bisa dinikmati saat berjalan kaki.

Kita tidak perlu takut tersesat karena selalu akan ada papan penunjuk yang akan menuntun kita menuju Heididorf. Kalo berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari stasiun, tetapi karena kita berjalan dengan santai sambil berfoto maka akan dibutuhkan waktu hampir 1 jam untuk sampai pada tujuan, hanya saya tidak merasa jauh atau lelah karena saya benar-benar menikmati setiap langkah kaki saya menyusuri desa kecil yang cantik dan menawan ini.
Petunjuknya sangat jelas

juga banyak air mancur yang bisa diminum airnya

Setiap sudut di Maeinfeld merupakan spot foto yang tidak ada habisnya, di antara semua lokasi yang saya kunjungi di Swiss, Maeinfeld merupakan favorite saya.

Dan yang paling membuat saya terkenang sampai sekarang adalah dapat melihat perkebunan anggur di Eropa secara langsung, karena berkunjung ke kebun anggur juga merupakan salah satu impian saya.

Bahkan ada yang sudah berbuah dengan lebatnya
Sebenarnya perkebunan anggur ini tidak terbuka untuk umum karena milik pribadi, tetapi saat kami jangan sampai merusak kebun anggurnya.

Kalo lelah tinggal minum yang segar dan dingin dari air mancur
hanya terlihat beberapa pengunjung

Sampai di Heididorf akan terlihat papan ini

Lokasi area Heididorf sebenarnya tidak begitu besar tetapi sangat sangat layak untuk dikunjungi. Ada kandang kambing dimana kita bisa berinterksi langsung dengan kambing-kambing yang ada di dalamnya.

juga ada ayam
Tempat ini cocok dikunjung bersama dengan keluarga dengan anak-anak

di depannya ada toko Souvenir dan tiket masuknya beli di sini harganya 9.90 CHF/orang
Harga souvenirnya sangat mahal, Untuk  sebuah gantungan kunci yang kecil saja harganya 10 CHF, t
Di sini juga tersedia kotak pos bagi yang ingin mengirimkan postcard

Untuk masuk ke dalam Rumah Heidi harus menggunakan tiket
 Letakkan tiket pada alat sensor dan pintu akan terbuka

Kakek Heidi

Heidi dengan sahabatnya Peter

Buku cerita Heidi terjemahan dari berbagai macam bahasa
View dari jendela kamar Heidi sangat indah

Siangnya kita piknik di sini, sambil menikmati makanan yang telah kami beli saat di Zurich. Sungguh asyik sekali berpiknik di tengah alam yang begitu cantik dengan udaranya yang segar, makanan apapun akan terasa sangat nikmat

Sorenya sekitar pk 2 kami kembali, tetapi kami tidak melewati jalan yang sama saat kami datang melainkan melewati jalan yang berlawanan, sehingga dengan demikian kita bisa mendapatkan view dan suasana yang berbeda saat pulang, jaraknya kurang lebih sama.

Kalo sudah lelah berjalan tersedia kursi untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam, kesegaran udara dan ketenangan desa Maeinfeld.
Saya sangat senang berjalan santai di desa kecil ini, sama sekali tidak terasa lelah bahkan sangat menikmatinya.
Ada saatnya kita harus melewati jalan seperti jalan hutan, tetapi tidak perlu ragu tetaplah berjalan karena sampai pada titik tertentu selalu ada papan penunjuk arah
Papan penunjuk arah

Kadang-kadang kita akan bertemu dengan sapi ataupun domba-domba, dan salah satu yang menari dari sapi dan domba peliharaan di Swiss adalah setiap lehernya dikalungi dengan lonceng, sehingga dari kejauhan kita sudah bisa mendengar suara lonceng yang berdentang saat para ternak itu berjalan.

Desa kecil Maeinfeld memang sangat menawan

Selalu tersedia air mancur yang sangat bersih dan segar untuk diminum

Cuaca yang agak panas di hari itu sangat cocok untuk menikmati Ice cream
 Sambil menunggu kereta

Sekembalinya ke Zurich kami sempat kembali ke hotel sebentar dan kemudian keluar lagi untuk makan  malam.
(Ini adalah kompleks sekitar hotel tempat kami menginap di Walhalla Guest House)
Kami makan malam di Restaurant Manor. Restaurant Manora ini merupakan restaurant dari sebuah departement store Manor yang banyak dijumpa di Swiss. Restaurant ini biasanya terletak di lantai paling atas dari Dept store Manor.

Sistem makannya berupa buffet, jadi kita bisa mengambil sendiri makanan yang kita mau dan kemudian akan dihitung di kasir, ada makanan tertentu bisa kita ambil sebanyaknya dalam piring kita tetapi hanya bisa 1 kali ambil dan terbagi atas piring besar dan kecil, tetapi ada makanan tertentu harganya di hitung per-satuannya misalnya ayam goreng.

Makanan model seperti ini termasuk makanan yang murah untuk hitungan di Swiss, karena kalo makan di restaurant biasanya kita akan menghabiskan sekitar 27Chf - 30Chf. Tapi disini saya menghabiskan 17.20 Chf saja (walaupun sebenarnya kalo dihitung juga tidak murah tapi setidaknya untuk taraf di Swiss ini termasuk murah)

ARTIKEL TERKAIT:
JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part1)