JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part 2) - Interlaken & Thun city

Day 4 (Sunday, 22 September 2018)
Seperti biasa kami memulai hari dengan sarapan di hotel

Hari ini pun sama cerahnya seperti kemarin, saat keluar dari hotel kami disambut dengan langit biru yang indah.
Tujuan kami hari ini adalah mengunjungi Matterhorn Glacier Paradise, untuk naik ke sana kita harus menggunakan gondola. Stasiun gondolanya adalah Zermatt ZBAG-Iz, berjalan kaki sekitar 15 menit dari hotel. Tapi tidak terasa jauh karena sepanjang jalan viewnya sangat indah.

Berjalan kaki menyusuri jalan di Zermat sangat menyenangkan
Untuk mencapai Zermatt ZBAG-Iz jalannya tidak sulit, tinggal menyusuri jalan sepanjang sungai.
Puncak Matterhorn juga terlihat sangat jelas, dengan sedikit awan yang mendekatinya tapi tidak sampai menutupinya

Setelah menyeberangi jembatan kecil kita akan melihat stasiun Gondola

Zermatt ZBAG-Iz ke Klein Matterhorn Glacier Paradise Return Ticket CHF 100 (discount 50% dengan Swiss Travel Pass) jadi CHF 50
Setelah membeli tiket kita langsung menuju gondola
Untuk menuju Klein Matterhorn Paradise perlu mengganti gondola 3 kali, untuk gondola yang pertama akan berhenti di Furi, yang ke 2 berhenti di Trockener Steg dan yang terakhir adalah Kelin Matterhorn Paradise
Dari stasiun Zermat ZBAG-Iz menuju stasiun Furi menggunakan gondola yang kecil, pas untuk 4 orang
 Tiketnya dengan Swiss Pas mendapatkan discount 50%
 Dari atas gondola bisa terlihat keseluruhan Zermatt dengan bangunan rumahnya yang mini
 Sampai di stasiun Furi kita harus mengganti gondola, di setiap stasiun tersedia toilet dan gratis

Gondola dari Furi ke Trockener Steg merupakan gondola yang besar yang bisa memuat banyak orang (saya lupa untuk mengambil fotonya)
 Tempat menunggu gondola
Semakin tinggi naik, gunungnya terlihat semakin tandus
stasiun Trockener Steg
Di stasiun ini biasanya orang-orang akan menuju area observatory, di sana kita bisa berfoto sebentar dan ada juga yang memang mau hiking dari sini

Gondola terakhir untuk menuju Klein Matterhorn Paradise

Semakin tinggi akan semakin terlihat gunung yang diselimuti salju
Tiba di Klein Matterhorn Glacier Paradise
Setelah masuk ke dalm kita akan melewati sebuah terowongan
dan di samping terowongan ada sebuah area cinema lounge, dimana kita bisa duduk di kursi yang seperti telur dan menikmati film documentary tentang Matterhorn.
Selanjutnya kami langsung menuju kawasan observatory yang berada di outdoor. Begitu sampai di sana saya sekali lagi dibuat terkagum-kagum oleh keindahan alam pegununga Alpen yang begitu luar biasa, saat berada di sana saya bener-benar merasakan kalo manusia itu kecil sekali dan tidak ada apa-apanya dibandingkan besarnya Tuhan pencipta segala yang ada. Sehingga di bagian luar dari tembok observatory terpampang  tulisan seperti ini

Udara di luar lumayan dingin karena angin yang kencang tetapi terbantu oleh cuaca yang cerah dengan teriknya matahari
Setelah dari area observatory kami menuju area bermain ski
Tetapi tidak terlihat sama sekali ada yang bermain ski, mungkin dikarenakan  baru mmemasuki musim gugur sehingga saljunya kurang tebal dan belum waktunya musim bermain ski

Siangnya kami beristirahat di cafetaria sambil menikmati segelas cappucinno

Selain aktifitas outdoor, di sana juga ada aktifitas indoor yang di dalamnya ada seni pahatan dari balok es
 Lantainya diberi karpet supaya tidak licin saat berjalan

Sorenya kami turun kembali ke Zermatt, dan saat berjalan kembali ke hotel kami  melewati sisi yang berlawanan dari pinggir sungai saat kami datang

Di Swiss enaknya air minum itu gratis, karena dimana-mana akan terlihat air mancur yang airnya bisa langsung diminum. Airnya itu sangat segar dan dingin karena berasal dari mata air alami dari gunung Alpen, bahkan saya lebih suka dibandingkan dengan air mineral kemasan , pokoknya kita tidak usah  takut kehabisan air di Swiss, yang perlu kita siapkan hanyalah botol kosong.
Sekembalinya dari Matterhorn Glacier Paradise karena waktunya masih sore maka kita jalan-jalan santai dulu menyusuri Zermatt

Dan tidak lupa membeli ice cream 😍
 Saya membeli rasa Pistache
Rumah penduduk disini semuanya sangat cantik sehingga semuanya biasa dijadikan spot untuk berfoto

Malam ini kami berencana makan mie instant yang kami bawa dari Taiwan, dan makan di rooftop hotel ditambah ayam panggang yang lezat dari Hilde Wilde. Makanan jadi terasa tambah lezat karena ditemani dengan alam dan udara yang begitu segar di kota kecil ini

Rasanya ini benar-benar ayam panggang terlezat yang pernah saya makan 💓💓
Sehabis makan kita masih sempat berselfi ria, dan malam ini merupakan malam terakhir kami di Zermatt karena itu saya memuaskan diri untuk menikmati keindahan Zermat Village ini dari rooftop hotel.
Saya sungguh berharap suatu saat bisa kembali lagi ke Zermatt Village yang indah ini (Saya sangat merekomendasikan hotel Le Petite Charm-inn karena memiliki rooftop dengan sudut view yang sungguh menawan
Day 5 (Monday, 23 September 2018)
Ini merupakan sarapan kami yang terakhir di Zermatt, karena hari ini kita akan berangkat menuju Interlaken
Kami sengaja berangkat lebih awal karena untuk mengejar waktu supaya siangnya sekitar pk 12 siang bisa naik cruise dari Interlaken ke Thun. Pagi-pagi di luar masih sangat sepi dan dan jalan masih sd sedikit basah karena hujan semalam.
Perjalanan dari Zermatt menuju Interlaken sekitar 2 jam setengah dengan 2 kali pergantian kereta (Visps dan Spiez)
Turun di Visps dan naik kereta yang menuju Spiez
 Menunggu kereta menuju Spiez
Kereta-kereta di Eropa biasanya terbagi atas 2 kelas yaitu kelas 1 dan kelas 2, kami membeli tiket Swiss Pass yang kelas 2, saat kami naik kereta yang menuju Spiez kami tunggu di peron yang salah yaitu yang khusus untuk penumpang kelas 1 sehingga pada saat naik ke dalam kereta kami baru menyadari kalo kami salah naik, tetapi karena koper kami besar sehingga sangat merepotkan untuk berpindah ke gerbong kelas akhirnya kami memutuskan untuk berdiri saja dekat dengan lorong pintu kereta, tetapi ternyata petugas kondektur keretanya berbaik hati dan mengijinkan kami duduk di gerbong kelas 1 karena tujuan kami tidak terlalu jauh.
Lumayan bisa merasakan gerbong kelas 1 yang kursinya lebih lebar dan nyaman.
Turun di Spiez station, dan karena udara pagi itu lumayan dingin dan anginnya juga agak besar akhirnya kita menunggu kereta di dalam ruangan
Interlaken adalah kota yang unik karena diapit oleh 2 danau yaitu Thun lake dan Brienz lake. Sehingga sepanjang perjalanan mendekati Interlaken akan terlihat pemandangan danau,.
Interlaken memiliki 2 stasiun kereta yang hanya berjarak 5 menit yaitu Interlaken west dan Interlaken ost. Hotel kami berada dekat dengan Interlaken west hanya sekitar 300 m. Kami tinggal di hotel ALPHORN, lokasinya berada di tengah-tengah kompleks perumahan sehingga suasananya sangat tenang.

Alphorn hotel merupakan hotel kecil tetapi sangat bersih dan nyaman dan yang menyambut kami di hotel adalah seorang ibu yang sangat ramah yang ternyata adalah pemilik dari hotel ini. Hotel ini berkonsep seperti bed & breakfast. Harganya permalam sekitar 4900 NT, tidak murah tetapi untuk ukuran di Switzerland ini termasuk yang terjangkau .
Lobinya sangat kecil hanya ada meja resepsionis, dan ruang di sampingnya adalah ruang breakfast
Lorong kamar
Liftnya kami gunakan hanya saat mengangkut koper
Biasanya kami naik turun dengan tangga
Kamarnya kecil, tetapi tidak terlalu bermasalah bagi saya, karena yang terpenting adalah kebersihan dan kenyamanannya. Desainnya simple modern dengan perpaduan warna putih biru sehingga terkesan terang.
(Kamar ke 1)
Diberi coklat sebagai penyambutan
Kamar mandinya sangat kecil
(Toilet kamar ke 1)

Kamar ke 2
Tidak beda jauh
 Hanya lebih luas sedikit karena wastafelnya ada di luar toilet
Toilet kamer ke 2
Kami belum bisa check in karena baru jam 11 pagi, sehingga setelah menitipkan koper kami di hotel kami langsung pergi menuju dermaga Interlaken untuk naik kapal menuju Thun city.  Dengan  Swiss Travel Pass kita naik kapal dengan gratis.
Kapalnya lumayan besar bisa duduk di dalam atau diluar. Rata-rata penumpang memilih duduk di luar untuk menikmati pemandangan dengan lebih jelas. Di dalam ruangan ada restaurant jadi selama 2 jam dikapal tidak perlu takut lapar
 Saya sempat membeli snack di supermarket untuk dinikmati saat naik kapal
View sepanjang perjalanan sungguh sangat indah, dan air danaunya juga sangat cantik seperti hijau safir

Sebenarnya kalo naik kereta ke Thun dari Interlaken hanya berkisar 30 menit tetapi dengan naik kapal kita lebih bisa menikmati keindahan danau Thun secara langsung tanpa terburu-buru, jadi saya menyarankan bagi yang ingin ke Thun bisa naik kapal dan kembalinya naik kereta.

Di dalam kapal ada restaurant dan tanggi ke bawah ini adalah tangga ke toilet

Toiletnya sangat bersih dan terawat

Kami memesan cappucino (harganya sekitar CHF 4)

Sungguh merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan apalagi bisa menikmati segelas kopi yang nikmat sambil memandang keindahan danau Thun serta menghirup udara yang segar 😍

Melewati Spiez Castle

Tiba di Thun city, dermaga kapalnya bersebelahan dengan stasiun kereta
Kami berjalan menuju kota tua dan Castle Thun.
Melewati pintu air
Kota Tua Thun sangat cantik

Alun-alun Thun City
Thun Castle berada di dataran yang agak tinggi jadi kita harus berjalan menanjak dan sebelumnya harus melewati lorong tangga ini, cukup melelahkan

Sudah terlihat Thun Castle
 Serasa di negeri dongeng

Masuk ke Thun Castle gratis dengan Swiss Travel Pass
Bila ingin melihat keselurhan dari kota Thun harus berkunjung ke Thun Castle karena di bagian menara paling atas kita bisa memandang kota Thun dari berbagai sudut. Sungguh kecantikan kota Thun menjadi semakin menawan bila dilihat dari ketinggan menara.

Dan ini merupakan sudut pandang yang paling sempurna
Kawasan sekitar castle

Baliknya kami melewati tangga yang berbeda
Sorenya kami kembali ke Interlaken dengan naik kereta
Kami makan malam di restaurant Migros yang ada di pusat perbelanjaan Migros, sayangnya karena restaurant ini hanya sampai pk 18.30 jadi makanannya banyak yang sudah habis dan tidak ditambah lagi, akhirnya kami pun memesan menu seadanya

Selesai makan kami kembali ke hotel