JALAN JALAN KE SWISS 2019 Part 4 - Engelberg Titlis, Lucerne, Bern

Day 8 (19 December 2019)
Di Lobi Walhalla Hotel tersedia coffe bar, jadi  setiap saat bisa menikmati fresh coffee dari mesin espresso.

Dan disediakan tempat yang sangat nyaman untuk bisa duduk santai disini sambil menikmati kopi atau teh
Karena kamar hotel kami tidak include breakfast jadi pagi ini sebelum berangkat kami menikmati segelas kopi terlebih dulu.
Hari ini kami akan ke pergi ke Mt Titlis. Mt Titlis terletak di desa kecil yang bernama Engelberg. Jadi kita harus naik kereta dan turun di Engelberg.  Karena paginya hanya sempat minum kopi jadi pas di stasiun ada migros saya membeli yougurt untuk dinikmati di dalam kereta.
Sekitar 2jam30menit kami tiha di Engelberg, untuk menuju stasiun cable car bisa dengan cara naik shuttle bus atau berjalan kaki sekitar 15 menit. Kami lebih memilih berjalan kaki karena bisa sambil menikmati keindahan desa sambil menghirup udara yang segar
Engelberg adalah desa kecil yang indah di sekitar Mt Titilis, tetapi rumah-rumah mereka lebih mengarah ke modern minimalis
Kita melewati jalan setapak yang sangat indah dan suasananya pun sangat tenang

Sangat menyenangkan berjalan santai seperti ini.

Setelah berjalan mengikuti jalan setapak kita akan sampai ke jalan raya besar dan setelah  menyeberang berarti kita sudah hampir tiba di stasiun  cable car

Harga tiket cable care Engelberg - Titlis return adalah 96 CHF, tetapi untuk Swiss pass mendapat discount 50% jadi kami hanya membayar 48 CHF per orang ( untuk keterangan lebih jelas bisa diklik di sini https://www.titlis.ch/en/info/general/Prices
Untuk tahap pertama naik cable car yang seperti ini (bisa untuk 6 orang), banyak sekali pengunjung yang datang untuk bermain ski
Dari kejauhan terlihat Engelberg Village

sampai pada titik tertentu kita harus mengganti cable car dengan yang lebih besar (saya lupa foto cable car-nya, jadi bisa dilihat gambarnya di tiket seperti ini). Cable car ini bisa putar 360 derajat sehingga setiap sudut view terlihat jelas
Semakin tinggi kita naik maka viewnya pun semakin mengaumkan, terlihat pegunungan yang  tertutup oleh salju
Sayangnya saat kami tiba di atas, dikarenakan cuaca di atas gunung yang tidak menentu dan saat itu angin di luar sangat kencang sehingga area outdoor tidak dibuka, padahal saya sangat menanti-nantikan untuk bisa naik Ski Flyer, akhirnya harus kecewa šŸ˜¢šŸ˜¢, tetapi apa boleh buat karena kita memang tidak bisa  memprediksi cuaca. Akhirnya kami hanya berkeliling di dalam ruangan.
 Di dalam indoor kita bisa masuk ke dalam Galcier Cave
Di dalamnya merupakan terowongan es
Akhirnya karena di sana tidak ada aktivitas yang kita bisa lakukan maka kami putuskan untuk turun lebih awal, tetapi kami ngak langsung turun ke bawah, kami berhenti dulu di trubsee, disana merupakan snowpark dan ski area. Ada beberapa arena untuk bermain salju, tetapi saya tidak ikut main hanya melihat saja

Tidak lama kemudian kami pun kembali ke Engelberg dan karena kita ternyata masih ada waktu akhirnya dalam perjalanan kembali ke Zurich kami turun dulu di Lucerne.
Lucerne merupakan salah satu kota yang lumayan besar di Swiss dan juga merupakan kota witsata yang terkenal, salah satunya adalah Danau Lucerne yang cantik dan jembatan chapel.
Ini  adalah stasiun kereta Lucerne, lumayan besar dengan konstruksi yang megah
Karena waktu sudah mulai sore dan kami belum sempat makan jadi kami turun ke bawah stasiun kereta dan melihat-lihat  ada apa saja yang bisa kita beli, terakhir kami melihat sebuah kios yang menjual Thai Food. Makanan Thai Food selalu cocok dengan lidah kami.
 Nasi kari
Sehabis makan kami berkeliling di sekitar area stasiun
  dan berjalan menuju arah chapel bridge yang terkenal
Cuaca sore itu agak berkabut, tetapi tetap saja memberikan keindahan tersendiri

Kami berjalan sampai ke danau Luzern yang cantik, di sana banyak burung camar yang berebutan roti yang diberikan oleh pengunjung

Suasana di sekitar danau Luzern sangat menyejukan hati

Setelah langit mulai gelap kami kembali ke Zurich. Zurich di bulan Desember sangat cantik karena di sepanjang jalan sekitar bahnhofstrasse didekorasi dengan lampu-lampu sehingga benar-benar terasa sekali atmosfir natalnya.

Di sepanjang jalan juga akan terlihat kios kios kecil yang menjual berbagai macam barang atau makanan yang berhubungan dengan natal
Makan malam hari ini kita beli di Migros Take Away yang ada di dalam Stasiun Zurich, dan pilihan kami akhirnya kembali ke Thai Food , karena makan nasi adalah makanan yang paling cocok buat kami dan ngak ada bosannya šŸ˜‹šŸ˜šŸ˜

Day 9 (20 December 2019) Tak terasa liburan saya hampir berakhir, hari ini adalah hari terakhir kita di Swiss, karena besok sore kami sudah harus meninggalkan Swiss. Hari  ini kami akan berkunjung ke Bern, sebelum berangkat kita sarapan dulu dengan membeli roti di convinience store di sebelah hotel dan dibawa balik ke lobi hotel sambil menikmati kopi hotel. Hotel juga menyediakan gelas kopi untuk take away
Cuaca di Zurich pagi ini sangat cerah, dari jendala kamar kami terlihat matahari terbit dengan mengeluarkan cahaya yang keemasan, sangat indah sekali

Tetapi di Bern ternyata cuacanya sangat berbeda, di sana sangat dingin dan mendung. Bern merupakan ibukota dari Switzerland, kota Bern. Kota Bern sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya beruang, dinamakan Bern karena kota ini ditemukan pada thn 1191 oleh seorang bangsawan bernama Berchtold V dan hewan yang pertama kali ditangkap di kota ini adalah beruang jadi akhirnya kota ini di beri nama Bern City
Kami berjalan kaki hanya sekitar 10 menit dari stasiun kereta menuju Bern old town,
Ada beberapa lokasi wisata yang bisa kita telusuri di kota tua Bern, salah satunya adalah Gedung Parlemen Swiss, gedung ini dibangun sekitar thn 1894 sehingga memiliki nilai sejarah bagi Swiss dan kemegahan bangunannya masih terpancar sampai saat ini.

Di bagian belakang gedung ada teras dimana kita bisa memandang kota Bern dari atas
Viewnya sangat indah
Dari kejauhan terlihat sungai Aere yang melintas di tengah kota Bern
Setelah itu kami lanjutkan dengan berjalan menuju lokasi wisata selanjutnya yaitu Rosengarten (Taman mawar), sepanjang jalan menuju Rosengarten kami melewati sungai Aire

Karena Kota Bern merupakan kota Beruang jadi akan terlihat beberapa patung beruang di kota ini

Dan memang di pinggiran sungainya terlihat ada beruang sungguhan yang memang dipelihara oleh pemerintah kota Bern.
Untuk menuju Rose Garden jalana menanjak jadi lumayan lelah juga, apalagi karena kita telah berjalan lumayan banyak di hari-hari sebelumnya.
 Karena saat ini sedang musim dingin jadi pohon mawarnya masih belum berbunga
 Tetapi rasa lelah ini terbayarkan setelah melihat pemandangan dari atas yang begitu indah

Bern merupakan kota di mana Ilmuwan Albert Einsten tinggal saat ia pindah ke Swiss, jadi terlihat patungnya ada di area Rose Garden, rumah Albert Einstein ada di kawasan old town Bern
Setelah dari Rose Garden, kita kembali ke old town tetapi kami berpisah karena mereka sudah tidak kuat jalan lagi jadi naik tram, sedangkan saya masih ingin berjalan santai sambil menikmati keindahan kota Bern jadi saya memilih berjalan kaki kembali ke old town Bern.
Saya sangat menyukai bentuk bangunan rumah mereka dengan atap miring dan di atasnya ada cerobong asap, mengingatkan kembali akan masa kecil saya  yang sangat suka membaca buku anak-anak yang gambar rumahnya seperti inišŸ˜
NydeggbrĆ¼cke
(Salah satu jembatan yang terkenal di kota Bern)
Di old town Bern ada menara jam astronomi yang menjadi landmark dari kota tersebut, dikenal dengan "Zytglogge
Tram di kota Bern berwarna merah
Siangnya kami makan siang di restaurant Manora yang berada di dalam Department Store Manor. Makanan di sini seperti yang ada di Restaurant Migros atau Coop. Kita mengambil sendiri makanannya dan akan dihitung dikasir. Makan di tempat seperti ini lebih murah dibandingkan dengan makan di restaurant Swiss pada umumnya
Sorenya sebelum kembali ke Zurich kami mengunjungi Christmas market yang ada di kota tua, karena masih sore maka pengunjungnya masih belum terlalu ramai.

Yang tidak boleh ketinggalan saat mengunjungi Christmas market adalah minum muld wine, untuk menghangatkan diri...
Setelah berkeliling sebentar di Chirstmas market kami kembali ke Zurich, malamnya karena sudah lelah saya tidak ingin jalan-jalan di Zurich, sehingga saya kembali langsung ke hotel dan membeli dumpling ayam yang ada di seberang hotel dekat Zurich Haupbahnhof untuk dimakan di hotel
 1 box isinya ada 6, harganya 10 CHF

Day 10 (21 December 2019)
Hari ini kami masih punya waktu setengah hari untuk berjalan di sekitar kota Zurcih sebelum berangkat ke airport dan meninggalkan Swiss. Tetapi  teman saya  harus berangkat ke airport pag-pagi karena jadwal penerbangannya ke Surabaya pagi, sedangkan penerbangan saya ke Taiwan sore.
Setelah mengantar teman ke stasiun kereta, saya dan kakak saya ke salah satu cafe yang ada di depan Stasiun kereta untuk breakfast
Black  coffee
 croissant chocolate yang adalah favorite saya, sedang kakak saya memesan sandwich
Setelah sarapan pagi, kami berjalan santai di sekitar kota Zurich dengan santai. Kami bejalan menuju kawasan kota tua, bangunan gedung di kota tua sangat memiliki nilai seni yang tinggi serta sangat kokoh.

Lalu berjalan menyusuri sungai Limmat yang cantik
Terlihat angsa yang berenang dengan santai di sungai

Sangat suka dengan suasana kota tua Zurich, bangunan dengan warna pastel yang bermacam-macam

walaupun cuaca mendung dan jalan basah akibat hujan tetapi kota Zurich tetap terlihat menawan

Sebelum kembali ke Hotel dan menuju ke airport kami makan siang dulu di migros restaurant
(Beef Schnitzel dengan nasi dan jamur)
Dan saat akan kembali ke hotel kami masuk ke sebuah toko  macaroons yang terkenal di Swiss namanya Bachmann, sebenarnya saya bukan penggemar macaroons tetapi karena terpikat oleh warnanya yang begitu cantik, sehingga saya tidak tahan untuk tidak membeli dan ternyata rasanya tidak mengecewakan, dan benar-benar melting di mulut
Setelah check out dari hotel kami langsung naik kereta menuju airport, jarak dari Zurich haupbahnhof menuju bandara hanya sekitar 15 menit, jadi dekat sekali dan sangat mudah.

Pohon Natal yang cantik dari TIFFANY&Co
Jadwal penerbangan kami Zurich - Doha berangkat pk 16:05 dengan flight number QR096
Tiba di Doha pk 23:50 (sekitar 5jam45 menit) dan transit di Doha sekitar 2jam, kemudian melanjutkan penerbangan ke Hongkong dengan Flight number QR0818, berangkat pk 2:00 dini hari dan tiba di Hongkong pk 14:30 siang (penerbangan sekitar 7jam30menit).
Dan penerbangan terakhir dari Hongkong menuju Taipei dengan Cathay Pasific CX0472 berangkat pk15:50 dan tiba di Taipei pk17:35 .
Kali ini saya tidak banyak mengambil foto baik di pesawat dan maupun saat transit karena sudah terlalu lelah.Jadi foto makanan pesawatpun hanya saya ambil saat penerbangan dari Zurich menuju Doha

Saat saya menulis blog ini, adalah saat-saat dimana dunia sedang dilanda wabah covid-19, hal ini membuat saya sangat sedih karena sampai saat ini belum diketahui kapan covid-19 ini dapat diatasi, dengan demikian maka para penggemar traveling pasti memiliki perasaan yang sama karena tidak tahu kapan bisa mulai normal kembali melakukan perjalanan traveling