JALAN JALAN KE SWISS 2019 Part 3 - Murren, Grindelwald , Zurich

Day 6 (17 Desember 2019)
Ini satu-satunya hotel selama di Swiss yang kami pesan termasuk breakfast-nya. Jadi pagi ini kami tidak perlu repot menyiapkan sarapan tetapi bisa langsung menikmatinya.
Breakfastt di hotel ini sangat memuaskan selain memiliki ruang breakfast yang cantik juga makanannya sangat lengkap dan enak. Apalagi karena bukan musim liburan jadi sangat sepi bahkan saat kami turun ke ruangan belum ada orang sama sekali.

Bermacam-macam roti
 Aneka Yogurt
 Bisa DIY sendiri menggoreng telur
Makanan hangat seperti omelet dan sosis ada di wadah tertutup, juga tersedia telur rebus
 Bermacam-macam selai
Roti tawar serta buah-buahan
 Ham dan cheese
 Beberapa macam juice dan susu dingin serta cereal
Kopi akan diberikan setelah kita duduk lengkap dengan hot fresh milk, saya sagat suka dengan tekonya yang canti

Setiap meja dihias dengan bunga kering yang sangat indah , sarapan pagi dengan suasana yang seperti ini akan menambah semangant dan selera makan 😍😀
Hari ini kami akan pergi ke desa Murren yang merupakandesa kecil yang berada di atas gunung yang tinggi. Jalur keretanya dari Interlaken Ost dan turun di stasiun Lauterbrunnen, kemudian mengganti transportasi dengan gondala menuju Grutschalp dan selanjutnya akan ganti sekali lagi dengan kereta api kecil yang akan membawa kita ke Murren.
 Keretanya sangat kecil
Tiba di stasiun Murren
Di desa Murren juga tidak terlalu banyak turis, kami hanya bertemu dengan 1 rombongan turis tour dari Korea , selain itu rata-rata adalah turis yang datang sendiri tanpa tour
Setiap daerah di Switzerland selalu membuat saya terkagum, begitu juga dengan Murren village ini. Desa ini terletak pada ketinggian 1638 m, jadi view-nya begitu luar biasa.

Gunung-gunung tinggi yang ada di sekelilinggnya sungguh sangat spektakular
Rumah-rumahnya adalah rumah tradisional dari kayu

Setiap sudut, setiap jalan semuanya begitu indah, apalagi ditambah suasananya yang begitu tenang sungguh meneduhkan hati.
Sebenarnya tujuan kami ke Murren karena ingin mengunjungi Schilthorn yang merupakan salah satu tempat shooting film James Bond dan di sana kita juga bisa ber-advanture dengan berjalan di Thrill walk, tetapi sangat disayangkan karena hari itu cuaca tidak menentu dan angin lumayan besar sehingga gondola untuk menuju ke atas tidak dapat beroperasi, sebenarnya agak kecewa juga tetapi apa boleh buat...
Petugas loket menyarankan kami bisa ke lokasi lain yang tidak jauh yaitu Allmendhubel.
Di stasiun gondola menurju Schilthorn di dalamnya ada sebuah toko souvenir kecil dan cafe. Akhirnya kami pun memutuskan beristirahat sebentar  sebelum kami ke Adlmendhubel.

Segelas kopi saja bisa membuat hati merasa senang 💓
Setelah itu kami berjalan ke arah Almendhubel bahn, untuk ke Allmendhubel  dikenakan tiket seharga 14 CHF/orang

Allmendhubel sebenarnya merupakan arena tempat bermain ski
Untuk yang tidak bermain ski seperti kami hanya berfoto-foto di sekitar atau bisa juga menikmati makanan di restaurant. Untungnya pemandangan di sini sangat indah sehingga bisa memuaskan hati kami sebagai pengganti Schilthorn.
Udara yang dingin memang cepat membuat lapar, akhirnya saya makan di sini. Sebenarnya interior restaurantnya sih biasa saja, simple dan sederhana tapi yang luar biasa adalah view yang terlihat dari restaurant......
 Nama Restaurantnya "Pasci" Panorama Restaurant

Kami memesan minuman Mulled wine dan Spaghetti bolognese.
Mulled wine itu minuman red wine khas Eropa di musim dingin, dengan kandungan alkohol yang tidak begitu tinggi karena dipanaskan sehingga menguap, mulled wine itu dimasak dengan jeruk, kayu manis, bunga lawang kering.
Sorenya kami turun ke Murren dan kembali ke Interlaken

Karena besok sore sudah harus meninggalkan Interlaken dan ke Zurich jadi malam ini kami sudah harus mengemas koper

Day 7 (18 Desember 2019)
Sarapan hari ke 2 di Stella Swiss Quality Hotel, menunya tidak begitu berbeda dari kemarin

Hari ini kami sudah akan check out dari hotel, karena sorenya kita sudah akan meninggalkan Interlaken menuju Zurih. Tetapi sebelumnya kami akan ke Grindelwald-First terlebih dahulu, jadi kami menitipkan koper kami di hotel terlebih dulu.
Saat kami keluar hari masih agak gelap, matahari belum bersinar
Grindelwald-First dijangkau dengan kereta dari Interlaken dan kemudian dilanjutkan dengan cable
car.

Jarak stasiun cable car First dari stasiun kereta Grindelwald tidak begitu jauh , berjalan kaki hanya sekitar 10 menit.
Awalnya yang terlihat masih padang rumput yang berwarna hijau kekuningan
Saat naik semakin tinggi , padangnya sudah terselimuti salju yang putih
Naik cable car  menjadi salah satu pengalaman favorit saya selama di Swiss, karena kita akan bisa melihat keindahan alamnya dari segala sudut dengan puas tanpa ada yang menghalangi.
First merupakan stasiun terakhir dari perjalanan cable car ini. Sampai di First semuanya sudah tertutup dengan salju, sungguh berbeda suasananya saat saya mengunjugi First di bulan September tahun lalu.

Setiap musim di Swiss memiliki keindahan yang terbeda dan benar-benar sangat menakjubkan, dengan gunung-gunungnya yang terlihat kokoh megah terhampar di depan mata, sungguh tidak bisa dilukiskan hanya dengan kata-kata.
Aktfitas yang bisa dilakukan di First adalah berjalan di skywalk yang mengitari tebing dan hiking ke danau Bachalpsee. Tetapi untuk hiking ke Bachalpsee di musim dingin agak sulit jalannya dan saat musim gugur tahun lalu kami sudah pernah hiking ke sana jadi kali ini kami hanya beraktifitas di sekitar First saja sambil menikmatik keindahan alamnya dan berjalan di skywalk.
Berjalan di sky walk mungkin akan menakutkan bagi sebagian orang yang punya phobia ketinggian, saya sendiri sebenarnya orang yang takut ketinggian, tetapi ternyata tidak seperti yang dibayangkan, karena saya sendiri sudah terpesona dengan keindalan alamnya jadi menutup semua ketakutan itu.

Di bagian penghujung skywalk terdapat restauran & bar , ada outdoor dan indoor , tapi kami tidak makan di sana.
Sekitar pk 2 sore kami turun ke Grindelwald, kami makan di cafe restaurant  yang sama saat tahun lalu kami berkunjung, nama cafenya " Backerei Ringgenberg". Makanannya lumayan dan harganyapun standar, tetapi kopi yang kurang rekomen soalnya terlalu cair.

Setelah makan kami kembali ke Interlaken dan balik ke hotel untuk mengambil koper dan melanjutkan tujuan ke Zurich. Sampai di Zurich sekitar pk 6:30 malam dan kami langsung menuju hotel. Kami tinggal di Walhalla Zurich hotel, lokasinya sangat strategis karena berseberang langsung dengan stasiun kereta Zurich.
Kamar untuk 3 orangnya lumayan besar karena memiliki 2 ruangan, tetapi terkoneksi, yang ini adalah ruangan untuk double beda
Dan ruangan untuk single bed dipisahkan dengan lorong jadi terkesan memiliki 2 ruangan terpisah

Toilet dan kamar mandinya pun terpisah

Dan setiap hari selalu diberikan 3 botol air mineral
Tersedia juga thermos air panas serta teh dan kopi instant
Setelah check in hotel, kami keluar lagi ke area stasiun kereta (Zurich Hauptbahnhof) karena menjelang hari Natal di area lobi stasiun ada Christmas market yang lumayan ramai,
Suasana Natal di Eropa memang sangat kental

Setiap stand didekorasi dengan keunikan masing-masing, barang-barang yang dijual sangat beragam mulai dari pernak pernik sampai berbagai macam makanan seperti germany sausage, pretzel, churros, hungaria tderlink, dll

Saya ada mencoba tibet dumpling, lumayan enak lho hanya harganya mahal, 1 porsi isinya 4 dumpling hargnya 10 CHF
Saya juga membeli churros , harganya juga 10 CHF/porsi  untuk rasa original
Kalau mau selai coklat juga bisa tapi harganya yang kurang masuk akal, karena selai coklatnya sangat sedikit, hanya cukup untuk 1 kali celup saja harganya 2 CHF 😱😱
Setelah berkeliling sebentar kami pun kembali ke hotel