JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part 5) - Zurich

Day 9 (Friday, 28 September 2018)
Hari terakhir sebelum keesokan harinya akan kembali ke Taiwan, kami akan berkeliling di kota Zurich. Walaupun ibukota dari Swiss adalah kota Bern tetapi kota Zurich adalah kota terbesar dan pusat perdagangan di Swiss. Pagi ini kita kembali breakfast di cafe yang ada di dalam stasiun Zurich, tetapi cafe yang berbeda dari kemarin. Cafe nya bernama IL BARETTO

Kalau ke cafe-cafe di Eropa saya selalu memesan croissant , karena croissant di sana benar-benar enak dengan bagian luarnya yang crispy tetapi dalamnya lembut dan sangat harum belum lagi isinya yang ngak tanggung-tanggung. Tetapi saya lebih suka dengan croissant yang ada di OSCAR cafe
Cuaca Zurich hari ini juga sangat bagus cerah

Tram di Swiss berwarna biru navy
Kami berjalan kaki menuju Lindenhof Hill yang merupakan bukit dan berada di kawasan old town Zurich

Di atas bukit ini ada taman

Ada papan-papan yang menjelaskan sejarah berdirinya kota Zurich

Di tengah taman juga ada air mancur

Karena letaknya di atas bukit jadi dari sini kita bisa melihat sebagian dari kota Zurich
Menikmati kecantikan kota Zurich dari sisi lain

Jika kita berjalan terus dari bukit Lindedhof maka akan menembus ke jalan old town dengan bangunan-banguna tua bersejarah yang memiliki nilai seni serta masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Dan di kawasan kota tua ini kita juga dapat mengunjungi toko butik-butik pakaian atau pun aksesoris tetapi tentu saja harganya sangat mahal  meski demikian tidak ada salahnya kan jika kita masuk dan melihat-lihat saja tanpa harus membeli 😄

Church of St.Peter

Jangan lupa juga untuk berjalan ke Limmat river yang akan menyambung ke Zurich Lake, airnya jernih dan bersih, di sepanjang pinggir sungai ada banyak cafe  sehingga sangat pas pagi para wisatawan untuk bisa bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar sungai ini

Seperti kota-kota tua di negara Eropa lainnya, kota tua di Zurich juga memiliki alun-alun utama

Di tengah alun-alun kota ada sebuah air mancur raksasa dengan desainnya sangat unik seperti piring raksasa
Kami berencana  naik kapal untuk mengelilingi kota Zurich, dengan demikian kita harus berjalan sampai di dermaga  Burkliplatz, tetapi sepanjang jalan menuju dermaga pun sangat menyenangkan karena pemandangan yang sangat indah di sepanjang sungai limmat
 Tampak burung-burung camar yang beterbangan karena berebut roti yang dilempar oleh turis

Di dekat dermaga ada sebuah taman tempat para pengunjung dapat bersantai. Taman ini menjadi terlihat sangat indah karena ditumbuhi oleh pohon maple yang daunnya mulai menguning

Setelah melewati taman ini maka tibalah kami di dermaga BurkliplatzDi pesisir danau banyak terdapat angsa dan bebek  , ada yang berenang, ada juga yang berjemuran dan bermain ria, semuanya lucu-lucu.
Karena kami memiliki Swiss travel pass jadi tidak perlu membeli tiket karena gratis, bagi yang tidak memiliki Swiss travel pass atau Zurich pass dapat membeli tiket kapal di samping dermaga. Ada beberapa jenis boat trip di Zurich Lake, kami memilih yang short trip saja dengan durasi pelayaran sekitar 1 jam 30 menit. Kapal ini berangkat setiap 30 menit dari Burkliplatz.
Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di link berikut ini  https://www.zsg.ch/en/
Sambil menunggu kedatangan kapal, kami membeli susis yang di jual di kios samping loket

Saya membeli currywurst  yaitu sosis Jerman dengan diberi bumbu kari dan bubuk kari

Tidak lama kemudian kapalnya pun tiba
Naik kapal mengelilingi danau Zurich sangat menyenangkan apalagi setelah kita lelah berjalan kaki sepanjang pagi, ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Sambil menikmati Currywurst yang begitu nikmat

Dek kapalny terbagi atas 2 tingkat, dan terserah keinginan kita mau duduk di mana saja baik di dalam ruangan ataupun dalam ruangan, kami memilih duduk di dalam ruangan karena mataharinya lumayan terik jadi kita ngak ingin berjemur.

Di dalam kapal juga ada cafetaria bagi yang ingin memesan makanan ataupun minuman. Sebelum kapal berangkat pelayan kapal akan mendatangi setiap penumpang dan menanyakan apakah mau pesan. Saya menyarankan  bila anda ingin makan atau pun minum lebih baik langsung pesan saja karena setelah itu para pelayan kru kapal akan sibuk sehingga sulit bagi kita untuk memesannya.

Perjalanan selama satu setengah jam ini sangat menyenangkan dengan menikmati pemandangan di sekitar danau Zurich yang sangat indah

Setelah menikmati boat trip kita berjalan lagi di sekitar keramaian kota Zurich

Di kota Zurich juga ada artis jalanan yang melakukan performance seperti layaknya yang dapat sering kita temui di kota-kota negara Eropa pada umumnya.

Sorenya kami makan di COOP Restaurant, menunya dan harganya tidak jauh berbeda dari makanan di Manor Restaurant

Sambil menikmati buah-buahan yang dibeli salah satu dari teman kami di supermarket Coop

Malamnya sebelum kembali ke hotel kami masih sempat membeli camilan seperti ice crean gelato dan falafel (makanan khas timur tengah)

Kami juga tidak lupa mencicipi susu Swiss yang kental dan fresh
Malam ini merupakan malam terakhir kami di Swiss, sehingga sudah harus siap-siap mengemas koper

Day 10 (Saturday, 29 September 2018)
Hari ini kita sudah harus mengakhiri liburan di Switzerland, waktu terasa berjalan begitu cepat. Untungnya jam penerbangan pesawat kami adalah pk18:00 jadi masih ada waktu setengah hari untuk menikmati di kota Zurich. Paginya kami kembali breakfast di Oscar Cafe yang ada di Zurich Haupbahnhof.
 Menikmati Croissant dan balck coffee favorite saya

Sehabis sarapan kita berjalan santai di sekitar area stasiun kereta  Zurich

Salah satu toko Coklat yang terkenal di Swiss tapi harganya juga sangat mahal
Karena waktu check out hotel adalah pk 12 siang jadi sekitar pk 11 kami kembali ke hotel untuk melakukan check out dan menitip bagasi kami di hotel sebelum berangkat ke bandara
 Ruang penitipan bagasi
Kami makan siang di Restaurant Manor kembali, karena lebih praktis cepat dan murah serta rasanya juga enak.

Tiba waktunya kami meninggalkan kota Zurich dan naik kereta menuju bandara. Jarak perjalanan menuju bandara tidak jauh hanya sekitar 20 menit.
Bandara Zurich lumayan besar dan sangat modern

Untuk menuju boarding gate harus naik kereta

Toko Coklat
Karena waktu boarding masih lumayan lama maka kami membeli kopi di Starbuck

Dari jendela terlihat Pesawat Swiss Airline
Ruang Boarding

Saatnya boarding
Pesawat yang akan membawa kami ke Doha dengan no penerbangan QR096
Jenis Pesawat A350-900
Schedule : 18:00 (Waktu Zurich) - 00:50 (Waktu Doha)
Lamanya penerbangan sekitar 5jam 50menit

Business Class Qatar A350-900 (Sayangnya kami bukan duduk di sini 😄
 Economy Class
Bantal, selimut, headphone serta overnight amenity kit sudah tersedia di setiap kursi penumpang

Untuk penerbangan menuju Doha hanya 1 kali
Chicken Tikka Masala (Indian cuisine)

Sebenarnya kami mendarat tepat waktu di bandara udara Doha, tetapi karena saat turun dari pesawat tidak menggunakan belalai gajah melainkan dengan shuttle bus yang mejemput penumpang secara bergiliran. Dan saat itu entah mengapa shuttle busnya lama sekali baru datang (mungkin dikarenakan banyak pesawat yang mendarat bersamaan) rasanya setelah kami menunggu lebih dari 30 menit di dalam pesawat baru datang 1 shuttle bus sedangkan kami duduk di barisan hampir paling belakang dari bagian pesawat sehingga kami harus menunggu hampir 1 jam baru mendapat giliran penjemputan. Dengan demikian kami tidak keburu untuk mengejar jadwal pesawat kami jurusan selanjutnya dari Doha menuju Bangkok karena waktu transit kami memang sangat pendek  hanya 1 jam 5 menit. Hal ini benar-benar di luar dugaan kami.
Kami dengan agak panik segera berlari menuju counter dan akhirnya dari pihak Qatar memberitahukan bahwa pesawat kami dengan nomor penerbangan QR980 jurusan Bangkok sudah terbang, tetapi kami akan dialihkan ke penerbangan lain yaitu lewat Hongkong hanya pesawat jurusan Doha - Hongkong baru akan terbang sekitar pk 7 pagi jadi harus menunggu sekitar 4 jam lebih. Walaupun perasaan agak sedikit kesal tapi apa boleh buat tetapi untungnya dari kejadian ini kami medapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi sebesar 5000 NT.
Dari pihak Qatar memberikan voucher makanan kepada kami di salah satu restaurant yang ada di dalam bandara.
 Menunya merupakan makanan khas timur tengah  seperti nasi briyani dan masala

Ini merupakan menu makanan pesawat dari Doha menuju Hongkong

Karena penerbangan pagi jadi diawali dengan breakfast, sebenarnya saya memilih makan bubur karena ingin sekali makan sesuatu yang hangat-hangat apalagi saat itu agak merasa kurang fit akibat tidak tidur semalaman di bandara . Tetapi karena buburnya saat itu habis jadi pramugarinya meminta saya untuk menunggu dulu dan melihat apakah masih ada sisa bubur di bagian yang lain, jadi saya tetap diberi set makanan pendampingnya sambil menunggu menu utamanya diantar.
Tetapi ternyata buburnya sudah tidak tersisa lagi jadi akhirnya saya diberi semacam roti raisin panggang dengan vanilla sauce, rasanya sebenarnya enak tetapi karena saat itu saya memang sedikit kurang enak badan sehingga kurang berselera.
Menu makan  siang
(beef stew in light soya sauce)
 Chicken Maqlooba
Akhirnya kami tiba di Hongkong dan kemudian kembali ke Taiwan dengan naik pesawat China Airline. Dengan demikian berkhirlah perjalanan Swiss ini.

ARTIKEL TERKAIT:
JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part1)