JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part 3) - Grindelwald First

Day 6 (Tuesday, 25 September 2018)
Hotel ini juga sudah termasuk breakfast, ruangannya tidak besar tapi mungkin karena bukan merupakan musim liburan jadi tidak begitu ada tamu lainnya., bahkan saat kami turun tidak ada orang sama sekali
Makanan yang disediakan walaupun sederhana tapi lengkap
 Aneka ragam cheese yang tidak boleh ketinggalan dalam breakfast ala Swiss

Telurnya merupakan telur berwarna

Hari in planning kami adalah menuju Jungfarujoch, jadi pagi-pagi kita sudah berangkat. Kereta menuju Jungfrau Joch berangkat dari stasiun Interlaken Ost tetapi karena kami tinggalnya di dekat stasiun Interlaken West jadi harus turun di Interlaken Ost.

Jarak dari Interlaken west ke Interlaken Ost hanya sekitar 5 menit, kalau  dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit.
Di seberang dari stasiun Interlaken Ost ada supermarket Coop yang lumayan besar, sambil menunggu jam kedatangan kereta saya masuk dulu sebentar untuk membeli makan siang, karena makanan yang dijual di atas Jungfraujoch sangat mahal.

Tiket kereta menuju puncak Jungfraujoch sangat mahal, kita yang sudah memiliki Swiss Travel Pass saja setelah discount 25% harganya 137.4 CHF, tetap kalau sudah ke Swiss jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke sana.
Ada 2 jalur untuk menuju Jungfraujoch, yang pertama lewat jalur Lautaerbrunnen, yang kedua melewati jalaur Grindelwald, yang kemudian sama-sama akan bertemu di titik Klein Scheidegg. Total perjalanan dari Interlaken Ost sampai tujuan sekitar 2 jam 11 menit.
Dan saya sengaja memilih  jalur Lauterbrunnen karena besoknya kita akan ke Grindelwald jadi dua-duanya bisa kita lewati sehingga bisa menikmati pemadangan yang berbeda.
TIba di stasiun Lauterbrunnen kita harus turun untuk ganti kereta.
Keretanya seperti ini, warnanya kuning dengan garis hijau
Sepanjang perjalanan ini, viewnya sangat keren dengan hamparan padang rumput yang hijau dan pegunungan alpen yang cantik serta rumah-rumah kayu kecil.

Sampai di stasiun Klein scheidegg semua penumpang turun untuk mengganti kereta menuju Jungfraujoch.

Mengganti kereta untuk ke Jungfraujoch TOP of EUROPE
Setelah kurang lebih 20 menit kita tiba di stasiun Jungfraujoch yang merupakan stasiun terakhir. Stasiun ini berada di dalam terowongan gunung Alpen.

Di depan pintu masuk kita disambut dengan kata Welcome dari berbagai bahasa dunia
Dan juga patung monumen penggagas jalur kereta Jungfraubahn
A GUYER ZELLER
Setelah melewati pintu masuk kita langsung berada di area cafetaria, di area ini ramai sekali dengan pengunjung yang beristirahat sambil membeli makanan yang ada di cafetaria

Makanan yang di jual di cafetaria adalah makanan ringan seperti sandwich dan mie instant, jadi ngak usah takut kelaparan jika ke sini, hanya makanannya sangat mahal. 1 mangkok shin ramyeon saja harganya 7.90 CHF , begitu juga dengan sandwih.
Kebetulan saat kami tiba di sana juga sudah waktunya makan siang jadi kami bersantap bekal yang kami beli di supermarket tadi. Saking ramainya kitapun duduk lesehan di lantai
Harga mie instant termahal yang pernah saya makan 😅, tetapi juga yang ternikmat karena bisa dinikmati di atas puncak gunung Alpen 😀😀

Ada beberapa area yang bisa dikunjungi, yang pertama adalah Sphinx Observation Deck. Disini pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang spektakuler.

Dari atas dapat terlihat arena bermain salju "SNOW FUN PARK" seperti miniatur
Jangan lupa untuk berfoto disini "TOP OF EUROPE"
Bagi yang ingin bermain salju bisa ke area SNOW FUN PARK, disini ada beberapa aktivitas salju seperti snowtubing, sledding, ski & snowboard, untuk info harga bisa dilihat di official website :

Perlengkapan sledding
Kemudian bisa berpetualang di dalam ICE PALACE, sebelum memasuki Ice palace kita akan melewati Alpine sensation terlebih dahulu

Ada bola kristal raksasa
Sepanjang trowongan akan terlihat gambar di dinding terowongan mengenai proses pembuatan jalur kereta jungfraubahn serta pemandangan di area jungfrau
Setelah itu kita akan dibawa menuju Ice Palace di mana di dalamnya banyak terdapat pahatan-pahatan dari balok es

Dan terakhir sebelum pulang ingat untuk masuk ke Lindt Swiss Chocolate Heavan, di sini tersedia lengkap berbagai macam coklat Lindt yang terkenal di Swiss, buat yang ingin membeli oleh oleh coklat.
Setelah berbelanja coklat , maka kami mengakhiri kunjungan Jungfraujoch Top of Europe, saat kembali setiap pengunjung diberikan coklat sebagai kenang-kenangan
Saat kembali kami sempat turun di Wengen sebentar. Wengen merupakan desa kecil yang cantik berada kawasan Jungfrau, sayang kami hanya memiliki waktu setengah jam disini, lain waktu bila ada kesempatan untuk datang lagi ke Swiss, saya pasti akan mengatur lebih banyak waktu lagi untuk berkeliling di Wengen.
Saat menyusuri jalan kereta ini tidak sengaja menemukan sebuah jalan kecil yang membawa saya kepada rumah-rumah penduduk.

Saya sangat senang dengan suasana di Wengen yang begitu tenang dan damai, rumah rumah yang cantik dengan ditanami tanaman yang asri, sungguh senang bila bisa tinggal di tempat yang seperti ini.
Sama seperti waktu datang, kembalinya pun harus mengganti kereta di stasiun Lauterbrunnen. Ternyata saat menunggu kereta dari Lauterbrunnen menuju Interlaken Ost terjadi masalah teknis sehingga keretanya delay selama 30 menit, akhirnya kami pun memanfaatkannya untuk berjalan sebentar di area stasiun Lauterbrunnen.

Setibanya di Interlaken Ost kami memutuskan untuk berjalan kaki kembali ke Interlaken West, sehingga dengan demikian kita bisa berkeliling menikmati kota Interlaken di waktu senja.
Sepanjang jalan menuju Interlaken West, kita melewati rumah penduduk, suasanyanya juga sangat tenang, bahkan tak terlihat seorangpun penghuni rumah.

Rumah mereka besar-besar dan setiap rumah pasti memiliki pekarangan

Setelah hampir tiba di Interlaken West kita akan melewati St Joseph Catholic Church
Schlosskirche Interlaken

Sangat nyaman berjalan sore di kota Interlaken

Malamnya kami makan di restaurant berbau timur tengah, karena tempat ini menyediakan nasi.
Saya memilih dada ayam panggang, saya suka sekali dengan rasanya yang pas dan aroma khas rempah-rempah timur tengah, dagingnya sangat lembut, tetapi harganya sangat mahal. 1 piringnya 25 CHF. Tapi di Swiss memang tidak ada yang harga yang murah😅
Sehabis makan malam kami membeli dessert yang ada di pinggir jalan
La Creperie rasa coklat (10CHF)
Day 7(Wednesday, 26 September 2018)
Hari ini kami masih menjelajahi daerah Jungfrau region, yaitu mengunjungi Grindelwald First. Seperti biasanya kami memulai hari dengan breakfast.

Kami naik kereta menuju Grindelwald
Stasiun kereta Grindelwald
Untuk menuju Grindelwald First harus dengan kereta gondola, stasiun gondola bekisar 15 menit dengan berjalan kaki dari stasiun kereta, ikuti saja petunjuk jalannya "Firshbahn"
Selama beberapa hari traveling di Swiss, saya merasakan semua daerah di Swiss memiliki pesona kecantikan tersendiri, begitu juga saat berada di Grindelawald .

Menuju  Frindelwald Firsh Bahn

Loket pembelian tiket gondola
Dengan Swiss Travel Pass mendapatkan discount 50%, jadi harganya 30CHF

Gondola ini akan berhenti di 3 stasiun, kami berhenti di stasiun terakhir "First"

Saya paling suka naik gondola di Swiss, karena pemandangannya dari tempat tinggi selalu saja memukau

Tiba di First
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di First ini, pertama berjalan mengelilingi tebing gunung (Cliff Walk), kemudian bermain First Flieger dan yang hiking menuju Lake Bachalpsee
Foto bersama pahatan beruang yang lucu
Hal yang pertama kita lakukan adalah hiking menuju Lake Bachalpsee, kira-kira perlu 50 menit untuk berjalan sampai Bachalpsee, tapi kami  berjalan lebih dari 1 jam karena lebih banyak berhenti untuk berfoto-foto.

Jalur hikingnya tidak terlalu susah, dan arah penunjuk jalannya pun sangat jelas jadi tidak usah takut tersesat.
 Bersyukur cuacanya sangat cerah sekali sehingga panoramanya semakin mempesona

Sepanjang kami berjalan tidak henti-hentinya kami terkagum akan kecantikan alam ini, sungguh luar biasa ciptaan Tuhan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Jika sudah berjalan lelah bisa duduk beristirahat di kursi yang telah tersedia sambil menikmati keindahan alam dan kesegaran udara di pegunungan Alpen

Aliran air pegunungan yang sangat jernih
Lake Bachalpsee sungguh menakjubkan, warna airnya yang biru dan berkilau-kilau karena pantulan cahaya matahari menjadikannya sangat memukau, siapapun yang melihatnya pasti akan terkagum-kagum😍😍😍

Airnya sangat  jernih sampai terlihat batu-batuan dibagian dasar yang dangkal

Siangnya makan roti yang telah kami beli sebelumnya, sungguh nikmat menikmati makan siang kami dengan pemandangan yang luar biasa ini walaupun hanya roti 😍😍

Setelah puas di Bachalpsee kita kembali ke First dan berjalan di jembatan tebing (Cliff walk)
Tadinya ada perasaan sedikit takut karena saya ada phobia ketinggian, tetapi ternyata tidak seseram yang dibayangkan karena saking indahnya pemandangan di sekitarnya membuat rasa takut itu hilang.

Jadi kalo ada teman-teman yang berkunjung ke Grindelwald saya benar-benar merekomendasikan untuk datang ke First.
Kalau mau foto di bagian paling ujung harus antri menunggu giliran

Di bagian ujung dari cliff walk ini akan menyambung ke bagian dari restaurant
Sorenya kami turun dari First dan makan di sebuah cafe dekat keramaian kota Grindelwald.

Makanannya overall biasa saja, tetapi juga tidak bisa di bilang tidak enak. Harganya sama dengan harga restauran Swiss pada umumnya berkisar antara 23CHF -27 CHF

Chicken Schnitzell
 Lasagna
 Bolognese pasta

Cappucinno
Setelah itu kami kembali ke hotel untuk check out karena hari akan menuju kota Zurich. Kami tiba di Zurih sudah malam dan kami tinggal di Walhalla Guest house. Walhalla Guest house tidak memiliki resepsionis, sehingga untuk check in harus terlebih dahulu ke Hotel Walhalla yang ada di dekatnya. Harganya permalam 393 CHF atau sekitar 4061 NTD. Untuk ukuran di kota Zurich sudah termasuk murah.

Kamarnya walaupun tidak besar tapi tidak sekecil kamar di hotel ALPHORN

Tersedia smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet, tetapi tidak kami gunakan karena masing-masing dari kami sudah membeli kartu internet

ARTIKEL TERKAIT:
JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part1)